Bersepeda untuk Mewujudkan Transportasi Berkeadilan

Bersepeda untuk Mewujudkan Transportasi Berkeadilan

Diskusi: Bersepeda untuk Mewujudkan Transportasi Berkeadilan

Hari, tanggal: Jumat, 9 Maret 2018

Pukul: 15.30 - 18.00

Lokasi: Kampung Keadilan JMR 2018

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tidak hanya berdampak pada tingginya angka kemacetan di kota-kota besar di Indonesia dan penurunan kualitas lingkungan. Lebih jauh, ruang gerak bagi pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor, seperti sepeda, juga semakin berkurang. Pembangunan infrastruktur jalan yang lebih fokus pada peningkatan kualitas bagi kendaraan bermotor menjadikan sepeda seperti dianaktirikan, tidak mendapat tempat yang layak dan aman.

Sejak 2015, Kota Kita mendorong kampanye dan perbaikan peraturan untuk ekosistem bersepeda di Kota Surakarta. Inisiatif ini diperkuat dengan program “Women on Wheels” sebagai sarana untuk mempromosikan penggunaan sepeda kepada perempuan (ibu rumah tangga, perempuan pekerja, anak usia sekolah dan masyarakat pada umumnya) sebagai pilihan transportasi perkotaan. Sepeda dianggap sangat terjangkau secara finansial, mudah diakses, serta aman dan nyaman, sehingga dapat dijadikan opsi untuk meningkatkan kapasitas ekonomi dan kesejahteraan perempuan dalam kehidupan.

Dengan melakukan advokasi di dua lini, kampanye ini ingin memastikan ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang aman. Perubahan persepsi masyarakat serta peraturan yang menjamin hak berkendara dan hak untuk merasa aman di jalan juga menjadi bagian dari tujuan advokasi.

Penyelenggara: Kota Kita

Narasumber:
1. Haryanti (Komunitas Sepeda Srikandi Onthel Mojosongo, Solo / Pesepeda Perempuan)
2. Ari Wibowo (Dinas Perhubungan Kota Surakarta)
3. Hasanatun Nisa Thamrin (Kota Kita)
4. Titis Efrindu (Kota Kita)

Moderator: Paulista Surjadi (Kota Kita)

 

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT