Forum Taman Bacaan Masyarakat DIY

Forum Taman Bacaan Masyarakat DIY

https://jmr.combine.or.id/uploads/jmrduaribudelapanbelas/1519640775-tbm.png

Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) DIY adalah wadah dan sarana komunikasi bagi 300-an TBM yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan utamanya adalah menyajikan buku yang bisa dipinjam baca secara gratis oleh masyarakat.

Kegiatan kemudian berkembang ke banyak hal dengan banyak variasi. Ada yang melengkapi diri dengan kegiatan ketrampilan, membuat satelit TBM di daerah sekitar, ada juga yang fokus ke kegiatan menulis.

Dalam dua tahun terakhir, isu literasi terdengar sangat seksi. Semua kalangan membicarakan dan ingin terlibat di dalamnya. Para pemuda tidak ketinggalan ikut terlibat di dalamnya. Di berbagai kabupaten, para pemuda menjadi penggerak bagi hadirnya pojok baca baru di wilayahnya.

Buku lebih dekat hadir di tengah masyarakat. Para pemuda itu tidak hanya membesarkan satu TBM, tapi mendorong teman lain untuk membuat pojok baca di lingkungan terdekat.

Diskusi ini akan mengupas tantangan dan cerita indah yang ada di balik munculnya beberapa TBM/pojok baca. Bagaimana dukungan ini diperoleh dan siapa saja yang bisa dihimpun untuk bekerja bersama, nantikan diskusi menarik bertajuk "Ketika Pemuda Peduli Budaya Baca" yang akan digelar FTBM DIY di gelaran JMR 2018. Jadwal bisa diunduh di sini.

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT