Kelas Seduh Kopi

Kelas Seduh Kopi

https://jmr.combine.or.id/uploads/kampung-pangan-1/1520219210-whatsapp-image-2018-03-03-at-182329.jpeg

Workshop: Kelas Seduh Kopi

Hari, tanggal: Jumat, 9 Maret 2018

Pukul: 13.00 - 15.00

Lokasi: Kampung Pangan JMR 2018

Ada banyak aspek yang bisa dipelajari dari dunia di sekitar pangan, mulai dari soal cita rasa, permasalahan di pertanian, permasalahan di pendidikan, kriteria perdagangan yang adil, hingga rantai pasoknya. Ironi terbesar saat ini, Indonesia yang konon merupakan negeri agraris kini adalah salah satu negara pengimpor pangan terbesar di dunia.

Permasalahan di bidang pertanian bukan hanya meliputi kurangnya suplai produk pertanian dan produktivitas petani. Konsumen juga punya peran dalam membentuk mekanisme pasar. Salah satu postulat yang kerap diajukan terkait dengan konsep ini adalah : masyarakat Indonesia belum memiliki logika pangan yang baik. Dengan pendekatan ini, maka masalah utamanya bukan di sisi produksi melainkan di sisi konsumsi. Sekolah Koperasi Wikikopi memandang bahwa 'selera' bukanlah hal yang bebas dari kritik. Selera bisa salah sehingga bisa mengakibatkan permasalahan yang lebih besar. Kesalahan selera adalah masalah di sisi konsumsi.

Kelas padu padan makanan di JMR 2018 diusung sebagai salah satu media untuk mempelajari selera dengan benar. Selain kelas ini, Wikikopi juga akan mengadakan cupping session untuk menguatkan pesan "kopi sebagai media belajar".

Penyelenggara: Sekolah Koperasi Wikikopi

Fasilitator: Tim Wikikopi

 

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT