kota kita

kota kita

https://jmr.combine.or.id/uploads/jmrduaribudelapanbelas/1519198065-kotakita.jpg

Kota Kita adalah lembaga nirlaba yang bekerja memfasilitasi perencanaan partisipatif dan keterbukaan informasi untuk kehidupan perkotaan yang inklusif dan lestari. Pada gelaran JMR 2018 nanti, Kota Kita akan mengawal diskusi bertajuk "Mewujudkan Transportasi Berkeadilan: Sebuah Pendekatan dan Perencanaan dengan Bersepeda".

Diskusi tersebut nantinya akan menggali lebih jauh tentang peningkatan jumlah kendaraan bermotor, tidak hanya berdampak buruk pada tingginya angka kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. Bukan hanya pada masalah penurunan kualitas lingkungan, namun secara lebih jauh, berdampak pada tidak tersedianya ruang gerak bagi pejalan kaki dan kendaraan tidak bermotor, seperti sepeda. Pembangunan infrastruktur jalan yang lebih fokus pada peningkatan kualitas bagi kendaraan bermotor, lagi-lagi membuat sepeda seperti dianaktirikan, tidak mendapat tempat yang layak dan aman.

Sejak tahun 2015, Kota Kita mendorong kampanye dan perbaikan peraturan untuk ekosistem bersepeda di Kota Solo. Inisiatif tersebut dikutsertai dengan program Women on Wheels, dimana mereka mempromosikan  penggunaan sepeda kepada perempuan (ibu rumah tangga, perempuan pekerja, anak usia sekolah, dan masyarakat pada umumnya)  sebagai pilihan transportasi di perkotaan. Sepeda dianggap sangat terjangkau secara finansial, mudah diakses, serta aman dan nyaman sehingga dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan kapasitas ekonomi dan kesejahteraan perempuan dalam kehidupan. Dengan melakukan advokasi di dua lini, kampanye tersebut ingin memastikan ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang aman, perubahan persepsi masyarakat, serta peraturan yang menjamin hak berkendara dan  hak untuk merasa aman di jalan.

http://www.kotakita.org

 

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT