Menerobos Keumuman: Inovasi Penguatan Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Menerobos Keumuman: Inovasi Penguatan Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Diskusi: Menerobos Keumuman: Inovasi Penguatan Desa dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Hari, tanggal: Sabtu, 10 Maret 2018

Pukul: 09.00 - 12.00

Lokasi: Kampung Tekno JMR 2018


Beragam inovasi telah dilakukan oleh pemerintah desa dan kabupaten dalam mendorong capaian penerapan Undang-undang Desa. Terdapat pula beragam inovasi yang dilakukan bersama dengan organisasi atau kelompok masyarakat sipil, misalnya berupa penerapan sistem informasi desa (SID) di Kabupaten Gunung Kidul (DI Yogyakarta) dan open data keuangan desa di Kabupaten Wonosobo (Jawa Tengah). Beberapa desa juga menciptakan inovasi sendiri untuk memperkuat desanya, mulai dari pembangunan Badan Usaha Milik  Desa (BUMDesa), penguatan kelompok perempuan dan sebagainya.

Ruang inovasi tersebut berhasil memunculkan praktik baik dan ragam pembelajaran. Hal positif tersebut perlu diapresiasi oleh pemerintah di pelbagai tingkat. Selain itu, pembelajaran tersebut perlu diarusutamakan sehingga bisa mendorong desa lain untuk belajar. Ragam pembelajaran tersebut juga perlu disampaikan kepada pengambil kebijakan di tingkat nasional untuk memberikan wawasan baru dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan desa.

Diskusi dan refleksi ini secara umum akan menghadirkan ragam inovasi yang telah dimunculkan oleh pelbagai desa dan kabupaten dalam tata kelola pemerintahan dan penguatan akses masyarakat dalam pembangunan desa. Forum ini memfasilitasi para aktor untuk menyampaikan ragam pembelajaran secara lebih luas kepada peserta lain maupun kepada pemangku kebijakan di tingkat nasional seperti Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penyelenggara: Institute for Education, Development, Social, Religious and Cultural Studies (INFEST)

Narasumber:
1. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul
2. Pemerintah Kabupaten Wonosobo
3. Saut Situmorang (Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi / KPK)
4. Ahmad Erani Yustika (Dirjen Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi [PDTT] Kementerian Desa)
5. Nata Irawan (Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri)

Moderator: Muhammad Irsyadul Ibad (INFEST)

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT