nusa rasa indonesia

nusa rasa indonesia

https://jmr.combine.or.id/uploads/jmrduaribudelapanbelas/1519101308-nusa-rasa.jpg

Hidangan khas Indonesia menyimpan ingatan serta cerita tentang tradisi dan kearifan lokal. Perpaduan  budaya di dalam ragam  cita rasa tersebut berbaur menjadi ciri khas tersendiri.  Nusa Rasa adalah upaya kreatif untuk merekam narasi di balik keberagaman sajian Nusantara melalui medium audio visual. Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tim Nusa Rasa mengawali proses perekaman narasi sajian lokal di Bali dan Palembang. 

Seperti pulau lainnya di Indonesia, pola silang budaya Tionghoa juga terasa di Bali. Begitu pula dengan ragam selera dalam sajian lokalnya. Melalui Siobak, base genep serta selebrasi peranakan Tionghoa, kita akan menemukan bahwa makanan bukan sekedar urusan rasa semata, melainkan makna dalam tradisi.

Tak berbeda dengan Bali, Sungai Musi menjadi simbol dalam baur budaya di Palembang. Melalui hulu sungainya, maka terbuka jalur perdagangan rempah di tanah Sriwijaya ini. Oleh karenanya turut mempengaruhi budaya makan di Palembang. Ikan Belida, pempek dan ragam sajian lokal lainnya akan menunjukan bahwa proses silang budaya menjadi kesatuan dibalik selera rasa wong kito galo.

Sesi diskusi pada JMR 2018 mendatang, tim Nusa Rasa akan berbagi pengetahuan terkait pendekatan baur budaya dibalik sajian lokal melalui medium audio-visual.

https://www.facebook.com/nusarasaindonesia/

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT