Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Air dan Sungai

Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Air dan Sungai

Diskusi: Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Air dan Sungai

Hari, tanggal: Jumat, 9 Maret 2018

Pukul: 09.00 - 11.30

Lokasi: Kampung Keadilan

Diskusi ini menghadirkan perwakilan lembaga/komunitas yang bergerak di isu pelestarian sungai. Pencemaran yang terjadi di sungai-sungai Indonesia sudah dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Mutasi pada hewan air adalah salah satu dampaknya. Ditemukannya ikan bencong menjadi gambaran awal dampaknya terhadap manusia. Namun, pengendalian pencemaran yang berjalan masih sangat minim dan bersifat parsial. Padahal, dalam pengendalian pencemaran diperlukan upaya kolaborasi multi-pihak.

ECOTON menginisiasi Suaka Ikan Kali Surabaya sebagai upaya pengendalian pencemaran multi-pihak yang tidak hanya melibatkan institusi pemerintah, universitas, tetapi terutama masyarakat yang terlibat sejak tahap awal dalam pengambilan keputusan. Selain itu, pengembangan sensus serangga air juga menjadi upaya pelibatan masyarakat, khususnya pelajar. Metode ini ditujukan untuk memantau kualitas air secara mandiri dengan cara yang mudah, murah, manfaat, massal, dan mitigasi pencemaran.

AKSY aktif melakukan upaya advokasi kelestarian sungai di Yogyakarta, antara lain dengan kegiatan Sekolah Sungai. Program ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pengelolaan sungai dari mulai perencanaan, pengelolaan, hingga evaluasi program. Sebagai forum warga, AKSY juga aktif melakukan beberapa kali audiensi dan kajian bersama dengan akademisi untuk menanggapi proses rancangan UU SDA. Upaya kampanye dan kaderisasi AKSY dilakukan dengan Jambore Sungai yang dilakukan setahun sekali dalam bentuk perkemahan Sabtu - Minggu. Acara ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada komunitas dan juga siswa-siswa SMA tentang sungai dan juga upaya mitigasi bencana di bantaran sungai.

Penyelenggara:
1. ECOTON
2. Asosiasi Komunitas Sungai Yogyakarta (AKSY)

Narasumber:
1. Prigi Arisandi (ECOTON)
2. Riska Darmawanti (IndoWater CoP)
3. Endang Rohjiani (AKSY)

Moderator: Azis (ECOTON)

 

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT