Perluasan Akses Energi Bersih dan Menemukan Solusi Penanggulangan Sampah Plastik

Perluasan Akses Energi Bersih dan Menemukan Solusi Penanggulangan Sampah Plastik

DISKUSI
Hari, tanggal: Jumat, 9 Maret 2018
Pukul: 15.30 - 18.00 WIB
Lokasi: Kampung Tekno JMR 2018
Penyelenggara: Yayasan Kopernik

Sesi 1: Ibu Inspirasi: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Perluasan Akses Energi Bersih di Wilayah Terpencil Indonesia
Selama tiga tahun mengimplementasikan program ini, Kopernik berhasil mengumpulkan bukti dan kisah sukses yang membuktikan bahwa memberdayakan perempuan untuk menjual teknologi energi bersih seperti lampu tenaga surya, kompor ramah lingkungan dan saringan air di komunitas mereka merupakan salah satu cara yang efektif dalam memperluas akses energi di wilayah terpencil. Kopernik telah bekerja bersama lebih dari 500 Ibu Inspirasi di Nusa Tenggara Timur dan Barat yang telah menghubungkan teknologi energi bersih kepada lebih dari 260.000 orang dan membantu mengurangi emisi CO2 sebesar 20.000 ton.

Bersama salah satu Ibu Inspirasi dari NTT, Kopernik akan berbagi cerita tentang tantangan dan pencapaian program ini, serta upaya advokasi yang dilakukan untuk mendorong pemerintah memasukkan perspektif gender dalam kebijakan energi nasional dan dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran perempuan dalam perluasan akses energi di Indonesia.

Narasumber:
1. Sergina Loncle, (Yayasan Kopernik)
2. Naomi Indarsih (Ibu Inspirasi Kopernik di Kupang, NTT)
Moderator: Andre Dananjaya (Yayasan Kopernik)


Sesi 2: Menemukan Solusi Terbaik dalam Menanggulangi Isu Sampah Plastik
Kopernik fokus dalam melakukan eksperimen-eksperimen singkat terkait beragam solusi menjanjikan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat di daerah terpencil, salah satunya isu sampah plastik. Kopernik sedang melakukan proyek eksperimen untuk menghasilkan produk dari sampah plastik yang diolah menggunakan mesin injeksi (injection machine) yang bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga sampah plastik, sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan pengepul sampah. Kopernik bersama dua Ibu Inspirasi Kopernik dari Kupang dan Labuan Bajo, NTT akan berbagi pengalaman dalam melakukan kegiatan-kegiatan recycle dan upcycle sampah plastik berbasis komunitas.

Narasumber:
1. Tungga Putri (Yayasan Kopernik)
2. Margaretha Subekti (Ibu Inspirasi Kopernik di Labuan Bajo, NTT)
3. Naomi Indarsih
Moderator: Sergina Loncle (Yayasan Kopernik)

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT