Pertanian Pesisir dalam Peta Strategi Pangan Lestari

Pertanian Pesisir dalam Peta Strategi Pangan Lestari

Diskusi: Pertanian Pesisir dalam Peta Strategi Pangan Lestari

Hari, tanggal: Jumat, 9 Maret 2018

Pukul: 15.30 - 18.00

Lokasi: Kampung Pangan JMR 2018

Masifnya pembangunan yang berdampak terhadap penyusutan lahan pertanian di Yogyakarta menjelaskan bahwa kebijakan pembangunan tidak memprioritaskan sektor pertanian sebagai visi pembangunan dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Kebijakan pemerintah daerah tidak menunjukkan adanya upaya untuk melakukan proteksi lahan pertanian termasuk lahan pertanian pesisir di Yogyakarta.

Keberhasilan petani dalam mengolah lahan pasir di pesisir Kulon Progo membuktikan bahwa pengetahuan warga menjadi kunci utama dalam mewujudkan produktivitas lahan pasir yang sebelumnya dianggap lahan kritis menjadi lahan subur dan mensejahterakan petani. Pertanian lahan pasir juga terbukti menjadi salah satu kawasan yang menyuplai kebutuhan pangan dan berdampak secara ekonomi dalam rantai tata produksi – konsumsi pangan yang dihasilkan dari kawasan tersebut. Namun, proteksi pemerintah (daerah) terhadap kawasan pesisir (lahan pasir) sebagai salah satu kawasan pertanian tidak masuk dalam kebijakan untuk mendukung program kedaulatan pangan.

Minimnya proteksi terhadap kawasan pertanian pesisir (lahan pasir), terlihat jelas dalam kebijakan peruntukan ruang yang sangat cepat perubahannya karena dipengaruhi kebijakan pembangunan dari tingkat nasional maupun daerah, yang lebih berpihak terhadap investasi.

Penyelenggara: WALHI Yogyakarta

Narasumber:
1. Widodo (PPLP – KP)
2. Wiji (PWPP – KP)
3. Halik Sandera (WALHI Yogyakarta)

Moderator: Bintang Hanggono (Pegiat pangan lokal)

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT