Rumah Baca Komunitas

Rumah Baca Komunitas

https://jmr.combine.or.id/uploads/jmrduaribudelapanbelas/1519639078-rumah-baca-komunitas-copy.png

Rumah Baca Komunitas adalah usaha kolektif untuk menyediakan akses literasi 24 jam, setiap hari, dan berupaya mendorong emansipasi sosial. Sejak berdiri pada tahun 2012, komunitas ini bekerja menjadi bagian dari proses alternatif untuk membentuk infrastruktur literasi berupa perpustakaan komunitas. Mereka membangun kolaborasi dengan berbagai komunitas lokal di berbagai tempat (Pulau Bangka, Sumbawa, NTT, Polewali Mandar, Banggai, Banjarmasin, Pontianak, Lampung, Lamongan, Pantura, Gresik, dan banyak tempat lainnya). Mereka juga terlibat dengan beberapa isu semacam degradasi ekologi, dampak-dampak pembangunan dan urbanisme, serta ekoliterasi.

Perpustakaan Komunitas, Ruang Literasi, dan Perubahan Sosial di Indonesia

Dalam konteks Indonesia, fenomena perpustakaan komunitas tidak lagi sekedar subkultur dari TBM (Taman Baca Masyarakat) yang tumbuh di Indonesia sejak tahun 1980-an, dan punya akar sejarah yang panjang sejak masa Kolonial. Keruntuhan ekonomi Asia pada tahun 1997, dan kejatuhan era Soeharto, telah memberi kesempatan politik baru bagi masyarakat sipil. Narasi-narasi pembangunan kembali dipertanyakan, di mana kebijakan-kebijakan neoliberal pada saat yang sama tidak berdaya membangun infrastruktur pengetahuan.

Perpustakaan komunitas tumbuh beriringan dengan TBM yang terlebih dahulu menjadi identitas kolektif pegiat perbukuan. Perpustakaan komunitas, sebagaimana platform sosial alternatif lainnya, merupakan suatu bentuk politik keseharian. Perpustakaan komunitas melalui berbagai aktornya, menggunakan platform ini untuk menegosiasikan sekaligus berupaya menghantam balik dampak-dampak industrial dan pembangunanisme pasca-Soeharto. Demokrasi di tingkat paling lokal di Indonesia, hanya dapat ditemukan melalui inisiasi-inisiasi yang melibatkan imajinasi bersama, di mana setiap orang saling bertukar kepentingan dengan platform yang nyaris serupa untuk mendorong kesetaraan dan kebebasan publik.  Pada gelaran JMR 2018 nanti, Rumah Baca Komunitas akan menggelar diskusi dengan mengusung tema "Perpustakaan Komunitas, Ruang Literasi, dan Perubahan Sosial di Indonesia." Jadwal acara dapat diunduh di sini.

http://Rumahbacakomunitas.org

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT


Tranformasi Gerakan Literasi Generasi Muda 

Tranformasi Gerakan Literasi Generasi Muda 

Saat ini terjadi revolusi pengetahuan dimana ilmu pengetahuan menjadi milik semua orang, tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Gerakan literasi menjadi sebentuk perlawanan akan keterbatasan pengetahuan di masyarakat.