YAYASAN SAPDA

YAYASAN SAPDA

https://jmr.combine.or.id/uploads/jmrduaribudelapanbelas/1519021329-sapda.jpg

 

Yayasan Sapda merupakan singkatan dari Sentra Advokasi Perempuan, Difabel, dan Anak yang berdiri pada bulan Juli 2005. Tujuan dirikannya lembaga ini adalah agar terciptanya suatu inklusifitas dalam aspek kehidupan sosial yang menjadi hak dasar perempuan, difabel dan anak di bidang pendidikan, kesehatan dan pekerjaan atas dasar persamaan Hak Asasi Manusia (HAM). Yayasan Sapda bergerak dalam advokasi kebijakan di tingkat daerah, pendidikan, pendamping dan pemberdayaan terhadap perempuan, difabel dan anak.

Selain melakukan pencegahan melalui pelatihan, diskusi maupun FGD, workshop dan riset, Sapda juga melakukan penanganan dan pendampingan kasus yang dialami perempuan dan anak dengan disabilitas yang mengalami kekerasan. Hal ini dimaksudkan agar secara individu mereka mampu untuk menjaga otoritas tubuhnya, dan mampu menghadapi ancaman yang datang pada dirinya.

Dalam menangani kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak dengan disabilitas memiliki keunikan. Keunikan cara penanganannya dilihat dari ragam disabilitas maupun person per person dari anak dan perempuan disabilitas yang mengalaminya. Penanganan kekerasan terhadap perempuan difabel akan menjadi topik dalam diskusi dalam JMR 2018 mendatang.

Komentar pada halaman ini:

ARTIKEL TERKAIT